Kebaya Indonesia, Kebaya Modifikasi


Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang tersebar di seluruh pulau-pulau wilayah Indonesia. Begitu juga dengan kebaya Indonesia, memiliki beragam jenis. Namun secara umum, ada 5 jenis kebaya Indonesia yang menjadi acuan dalam membuat beragam karya kebaya modifikasi.
Berikut 5 jenis kebaya Indonesia secara umum :

1. Kebaya Kutu Baru
Jenis kebaya di Indonesia yang cukup sering digunakan adalah Kebaya Kutu Baru. Pada dasarnya Kebaya Kutu Baru ini sama dengan kebaya-kebaya lainnya, namun yang membedakannya adalah kebaya kutubaru ini memiliki tambahan kain di bagian tengah yang menghubungkan sisi kiri dan sisi kanan pada bagian dada dan perut sehingga membuat penampilan pemakainya terlihat sangat tradisional.

2. Kebaya Jawa
Kebaya Jawa memiliki ciri khas dengan kerah yang berbentuk V. Dengan motif yang sederhana, dengan kain yang tipis serta transparan bermotif dengan dalaman yang di dipadupadankan dengan kain bagian luar. Pastinya jenis kebaya jawa ini sudah familiar di mata orang Indonesia.

3. Kebaya Kartini
Dulu, kebaya kartini dipakai oleh perempuan ningrat saat era R.A Kartini. Kebaya Kartini ini juga mirip dengan Kebaya Jawa, hanya saja Kebaya Kartini memiliki lipatan di bagian dada. Ciri lain dari Kebaya Kartini adalah panjang kebaya yang menutupi pinggul dan lipatan kerah dengan bentuk garis vertical, sehingga membuat kesan pemakainya tinggi dan ramping.

4. Kebaya Encim
Kebaya Encim merupakan perpaduan antara baju Shanghai yang merupakan baju khas China dan Kebaya khas Melayu. Kebaya Encim ini memiliki model dengan kerah V berhiaskan bordiran dari leher sampai bawah. Bahan yang digunakan untuk Kebaya Encim biasanya selalu menggunakan bahan kain katun atau juga bahan organdi.

5. Kebaya Bali
Kebaya Bali dengan gaya yang tradisional telah banyak didesain menjadi lebih modern. Kebaya Bali dapat diubah-ubah menjadi lebih banyak model kebaya. Namun yang membedakan kebaya ini dari yang lainnya yaitu Kebaya Bali ini memiliki ciri khas dengan adanya tambahan Obi atau selendang yang melilit di bagian pinggang yang terkadang selendang tersebut juga disemati Bross besar. Bahan yang sering digunakan oleh Kebaya Bali ini ini adalah bahan brokat dan juga bahan katun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



Video Beauty in Simplicity
Please watch & subscribe to our youtube channel


Pages